Telp / SMS : 081233317088 / Whatsapp : 081233317088 hargadaihatsumalang@gmail.com Jam Kerja : KAM 08.00-17.00 WIB :

Tips Mudah & Gampang Merawat Mesin Mobil

Berikut tata cara serta tips sederhana merawat mobil baik itu mesin, bodi dan bagian lainnya:

1. Ganti oli 

Ganti oli secara berkala dan tepat waktu, baik itu dengan jarak tempuh kendaraan dan juga waktu maksimal oli dalam mesin sesuai standard masing-masing mobil, ini adalah hal terpenting untuk dalam merawat mesin agar tetap prima. Pemilihan oli yang sesuai dan tepat bisa mempengaruhi ketahanan panas sebuah mesin dan memiliki peran menahan adanya gesekan atau pergerakan internal mesin.

2. Cek selalu radiator

Cek selalu radiator, karena jika aliran air pendingin yang sebagai penetral panas tersebut tidak bagus, tersumbat apalagi bocor sehingga sampai kosong sangat membahayakan mesin bahkan mebahayakan pengemudi, maka periksalah air radiator tersebut dan secara rutin dibersihkan agar aliran airnya lancar.
Cek sewaktu-waktu oli mesin, karena bisa jadi ada pengurangan volume oli, baik itu karena kebocoran maupun penguapan.

3. Bersihkan filter karburasi

Bersihkan filter karburasi, buka filter mobil, kemudian bersihkan dengan sikat gigi untuk melepas kotoran maupun kerak.
Isi bahan bakar agar tidak sampai habis, karena sering kehabisan bahan bakar bisa menyebabkan tangki berkarat dan akhirnya mengakibatkan kebocoran.
Sesuaikan transmisi dengan laju kendaraan, kecepatan tinggi dengan gigi yang tinggi dan saat rendah dengan transmisi yang rendah pula.

4. Sesuaikan beban yang dibawa

Sesuaikan beban yang dibawa dengan kemampuan atau daya angkut mobil, beban yang berlebihan selain membuat kinerja mesin berlebihan dan akan menimbulkan mesin cepat rusak juga akan membahayakan keselamatan.
Hindari pengereman mendadak, karena selain menyebabkan kampas rem cepat rusak juga mengakibatkan hentakan pada komponen-komponen kendaraan.
Pada posisi aman, pacu kendaraan anda agar kerak sisa pembakaran atau akibat gesekan bisa keluar melalui knalpot.

5. Ganti timing belt

Mobil yang menggunakan timing belt, ganti timing belt tersebut secara berkala karena berhubungan dengan kinerja internal mesin, biasanya dalam jarak tempuh 40.000 km perlu diganti.
Lakukan tune up secara berkala memastikan lagi mesin dan semua komponen pendukungnya bekerja dengan baik.

6. Perhatikan kaki-kaki

Perhatikan kaki-kaki seperti ban, rem, per, skok, karet/seal yang akan mempengaruhi kenyamanan dalam perjalanan.
Rawat cat mobil anda agar tidak terkena air laut karena zat garam menyebabkan cat cepat rusak dan bagian flat besi cepat korosi, termasuk juga air hujan yang mengandung zat asam membuat cat cepat rusak.

7. Parkir di tempat yang teduh

Parkir di tempat yang teduh, mengurangi dari paparan sinar matahari langsung, termasuk suhu yang dingin dapat memudarkan warna cat.
Cucilah dengan lap halus dan menggunakan sampo khusus cat, bukan dengan detergen yang bisa menghilangkan kotoran sesaat dan akan membuat warna cat cepat pudar.
Hindari mobil dari kebanjiran, jika itu terjadi cek segera untuk membersihkan air yang tersisa yang bisa mempengaruhi kelistrikan dan juga komponen elektronik lainnya.

Memperhatikan berbagai hal untuk perawatan mobil anda, bisa menjadi pengeluaran biaya yang lebih ekonomis, dibandingkan anda tidak melakukan perawatan secara rutin. Karena setelah barang tersebut dibeli wajib disayangi dan dipelihara agar tetap awet.

Sedikit saja terasa kejanggalan dalam kinerja mobil tersebut, cepatlah periksakan, karena setiap komponen kendaraan saling berhubungan.

Demikian sedikit tips merawat mobil, agar kendaraan anda awet dan tampil prima, bisa melenggang dijalanan dengan performa maksimal.

Stay Connected

Model Terpopuler

Ayla
12 Type
Dilihat: 76x
Sigra
10 Type
Dilihat: 69x

Slide Model

Random Model

Sirion
3 Type
Harga Mulai :
206.875.000
Sigra
10 Type
Harga Mulai :
128.600.000